en id

Bandara El Tari Kupang Buka Seleksi Komersial

06 Jan 2020

kembali ke list


Kupang - Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang saat ini tengah membuka kesempatan kepada pelaku usaha berskala nasional dan internasional untuk mengikuti seleksi mitra usaha komersial di Bandara El Tari.

General Manager Bandara El Tari, Barata Singgih Riwahono mengatakan seleksi mitra usaha kali ini meliputi tiga jenis kategori usaha, diantaranya food & beverages, retail, dan services. “Pendaftaran seleksi dan kualifikasi dokumen untuk calon mitra usaha dibuka mulai tanggal 6 Januari dan ditutup pada tanggal 14 Januari 2020,” ungkap Barata.

Manajemen Bandara El Tari pun turut memastikan agar mendapat mitra terbaik melalui beberapa tahapan seleksi, sehingga program korporasi melalui pemberian pelayanan kepada pengguna jasa bandara dapat berjalan dengan baik.

Bandara El Tari merupakan gerbang utama wisatawan ke Indonesia bagian timur khususnya wisatawan mancanegara. Salah satu bandara Angkasa Pura I yang memperoleh akreditasi dari Airports Council International (ACI) dalam program ACI Customer Experience Accreditation ini pun mengalami peningkatan trafik internasional di tahun 2019. 

Sepanjang tahun 2019, Bandara El Tari tercatat telah melayani sebanyak 1.859.268 penumpang dengan peningkatan penumpang internasional dari 1.480 penumpang di tahun 2018 menjadi 7.989 penumpang, atau mengalami peningkatan sebesar 440 persen. Sementara trafik pergerakan pesawat tercatat telah melayani sebanyak 25.987 pergerakan pesawat dengan trafik pergerakan pesawat internasional meningkat dari 115 menjadi 206 pergerakan atau meningkat sebesar 79 persen. Sejalan itu, total trafik pergerakan kargo mengalami peningkatan sebesar 15 persen atau meningkat dari 6.955 ton menjadi 7.979 ton kargo yang terangkut, dengan peningkatan trafik kargo internasional sejumlah 71 persen. 

“Meningkatnya trafik khususnya pergerakan arus penumpang, pesawat, dan kargo internasional di Bandara El Tari ini merupakan pasar potensial bagi para pelaku usaha. Apalagi setelah Bandara El Tari selesai dilakukan pengembangan pada Februari 2020 nanti,” ujar Barata.

Untuk mengikuti seleksi ini, calon mitra usaha dapat membuka laman www.seleksikoe.ap1.co.id dan mengumpulkan dokumen-dokumen sesuai dengan syarat yang ditentukan. Pertanyaan seputar seleksi mitra usaha di Bandara El Tari dapat disampaikan melalui alamat surat elektronik seleksikoe@ap1.co.id. [dw]